Ibu Plt. Bupati Purbalingga Ajak Masyarakat Kembaran Wetan Untuk Mulai Hidup Sehat

PURBALINGGA, INFO- Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi atau Tiwi mengajak warga Desa Kembaran Wetan Kecamatan Kaligondang untuk mulai menggalakan gerakan hidup sehat. Hal tersebut disampaikan Tiwi saat menghadiri acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa tersebut, (7/2).

Tiwi mengatakan pada masyarakat banyak sekali penyakit yang dideita masyarakat tak terkecuali di Purbalingga. Menurutnya, biaya kesehatan yang tidak murah sekarang mengharuskan msyarakat untuk tetap hidup sehat. Oleh karenanya, dia mengajak kepada warga Desa itu untuk menjalankan gaya hidup sehat.

“Biaya pengobatan sekarang mahal. Makanya saya mengajak kepada seluruh warga Desa Kembaran Wetan untuk selalu menjalankan gaya hidup sehat,” kata Tiwi.

Dia mengimbau warga untuk mengkonsumsi makanan sehat, istirahat sehat cukup, olahraga dan menghindari asap rokok. Sebelumnya dia mengadakan diskusi dengan kepala Puskesmas Kaligondang yang menyebutkan di Kecamatan Kaligondang ada banyak kasus penyakit TBC. Untuk menghindari penyakit TBC dan gangguan paru-paru lainnya, Tiwi mengajak warga Kaligondang untuk berhenti merokok.

“Saya tadi diskusi dengan dr.Ayu. Katanya di Kecamatan Kaligondang ada banyak kasus TBC dan penyakit paru-paru. Maka dari itu marilah kita berhenti untuk merokok agar kesehatan kita tetap terjaga,” ujarnya.

Selain itu, Tiwi berharap agar kasus stunting di Kecamatan Kaligondng bisa dituntaskan. Khususnya kepada para ibu menyusui, Tiwi meminta agar balita terus diberi ASI (Air Susu Ibu) sehingga gizi si anak tidak terabaikan. “Kepada ibu-ibu yang mempunyai anak balita saya harap tetap memberikan ASI eksklusif pada anaknya agar balita di Kecamatan Kaligondang ini tetap sehat,” imbuhnya.

Pada acara tersebut masyarakat bisa melakukan cek kesehatan khususnya screening HIV/AIDS, cek tekanan darah. Ada juga sosialisasi Pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga yang mengajak masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 April mendatang. (KP-4).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *